Jumat, 25 November 2016

5 TIPS STRATEGI MEMASARKAN PRODUK-PRODUK KERAJINAN/SOUVENIR



5 TIPS STRATEGI MEMASARKAN PRODUK-PRODUK KERAJINAN/SOUVENIR


Hasil gambar untuk foto kerajinan atau souvenir


Kali ini saya akan berbagi untuk teman-teman yang punya usaha souvenir.
Mungkin ada sebagian teman-teman yang selama ini sudah belajar Souvenir di Kursus Matahari atau membeli vcd tutorial souvenir  tapi masih ada kendala dalam memulai usahanya, bingung bagaimana harus memasarkan hasil kreasinya, atau teman-teman yang sudah punya usaha souvenir tapi masih bingung  bagaimana agar produk souvenir bisa diterima oleh masyarakat?
Jangan kuatir berikut akan saya bagikan 5 tips strategi memasarkan produk hasil kreasi kerajinan/souvenir.
Pada dasarnya untuk menjalankan bisnis apapun, anda harus punya strategi yang tepat. Punya strategi memasarkan produk yang disesuaikan dengan target pasar kita. Demikian juga di pasarkan dengan cara sesuai dengan pola pikir dan karakter dari target pasar.
Selain memberikan pelayanan konsumen yang baik, service yang baik pada konsumen sehingga konsumen atau calon konsumen anda benar-benar puas. Jika mereka puas maka hal itu akan mendorong konsumen akan membeli produk anda kembali. Disamping itu konsumen anda bisa berbagi info kepada orang lain karena dia merasa puas.
Kwalitas dari produk harus dipastikan tidak mengecewakan konsumen/pelanggan anda.
Sekarang ini hampir semua usaha memilki persaingan yang cukup ketat, untuk anda yang punya usaha souvenir sebaiknya anda kreatif menciptakan produk yang unik, jeli melihat trend yang terjadi saat itu.
Selain kreatif menciptakan produk sangat penting juga untuk selalu kreatif dalam menyusun strategi penjualan/strategi marketing, dengan strategi yang benar-benar  tepat maka usaha anda pasti akan berjalan dengan lancar.
5 Strategi tersebut antara lain :
1.    Tentukan target market usaha anda, ini sangat penting karena jika target market tepat sasaran maka promosi akan lebih efisien dan efektif.
2.    Berpromosi yang sesuai target market, produk harus dipromosikan secara terintegrasi mulai dari pembagian flyer /brosur dan juga dengan memasang iklan di koran, majalah,tabloid,koran lokal, lewat jaringan sosial di internet seperti facebook dll yang saat ini banyak digunakan orang.
3.    Hasil Produk anda sebaiknya yang unik, agar produk kreasi anda bisa jadi trademark dan dikenal orang atau diingat orang karena ada sesuatu yang beda  baik dari segi kemasan,bentuk,warna. Walaupun produk anda bervariasi banyak macam sebaiknya anda memilik satu jenis produk unggulan yang bisa menarik calon konsumen anda . Dimana produk unggulan tersebut bisa produk baru yang belum pernah ada dipasaran, ataupun mencontoh produk yang ada dipasaran tapi dimodifikasi dengan tampilan yang berbeda.
4.    Penghargaan, berikan penghargaan untuk konsumen yang loyal karena ini akan mendorong pelanggan membeli produk lebih banyak dan memperkenalkan produk yang anda buat kepada orang lain. Pemberian penghargaan yang simpel misalkan memberi voucer untuk pembelian dalam jumlah khusus, atau bisa juga memberikan penghargaan apabila berhasil mengajak orang untuk berbelanja bisa diatur misal mengajak 1 orang atau lebih berbeda penghargaan yang diberikan. Dengan adanya program tersebut akan mendorong konsumen anda untuk mengajak orang lain dan orang lain akan mengajak orang lain lagi. Dengan demikian tentu saja produk yang anda tawarkan akan meledak omzetnya.
5.    Menggandeng Partner usaha lain, untuk usaha souvenir produk ini bisa dipasarkan dengan cara menjalin kerja sama dengan usaha yang ada hubungan dengan souvenir misal , salon, Event Organizer baik perkawinan atau ulang tahun,dengan demikian produk anda akan mencapai ke target ke sasaran yang tepat, dan tentunya lebih cepat.  Yang perlu anda lakukan adalah memberikan fee atau komisi kepada orang yang anda jadikan partener usaha tersebut

Tidak ada komentar:
Write komentar